RECENT COMMENTS

ituBola Agen Judi Bola Casino Online Aman Terpercaya

Produk Yang Sengaja Dibuat Untuk Tujuan Gimik



Produk yang sengaja dibuat untuk tujuan gimik apa ya? Sebelum membahasnya, mari kita cari tahu dulu apa arti gimik.

Gimik (bahasa Inggris: gimmick) adalah istilah umum yang merujuk kepada pemanfaatan kemasan, tampilan, alat tiruan, serangkaian adegan untuk mengelabuhi, memberikan kejutan, menciptakan suatu suasana, atau meyakinkan orang lain.


Dalam dunia markerting, gimik menjadi salah satu strategi pemasaran suatu produk dengan menggunakan cara-cara yang tidak biasa agar cepat dikenal dan banyak diminati. Gimik juga dapat merujuk pada fitur produk yang membuatnya lebih menarik tetapi tidak penting untuk fungsi produk. Hal ini juga dapat merujuk kepada jenis tertentu iklan dimaksudkan untuk meningkatkan penjualan produk, yang disebut gimik iklan.

Di dunia hiburan di televisi, gimik merupakan cara untuk menarik perhatian penonton dengan beragam cara seperti membuat adegan khusus, dandanan yang khas, musik, yel-yel, nyanyian, atau aktivitas lainnya. Adanya agen penonton bayaran menunjukkan bahwa acara hiburan di televisi membutuhkan penonton dalam jumlah besar yang dapat disuruh-suruh berteriak, ikut bernyanyi, menari-nari, dan bertepuk tangan untuk meyakinkan pemasang iklan bahwa acara yang disokong sangat meriah.

Beberapa waktu lalu kita pernah membahas mengenai produk decoy. Dimana produk tersebut sengaja dibuat untuk tidak dibeli.

Nah kali ini kita akan membahas mengenai produk yang sengaja dibuat untuk tujuan gimik. Dimana produk ini sengaja di pajang, untuk menarik orang yang melihat.

Ada 2 Tipe Produk Gimik


Produk pertama adalah produk yang sengaja dibuat mahal sekali,dan premium. Misalnya ada sebuah toko batik yang membuat kemeja dari tinta emas lalu di banderol dengan harga yang fantastis.

Produk ini tujuannya bukan untuk dijual, tapi sebagai sebuag gimik mareketing, agar orang mau tertarik melihat. Atau sebagai bahan berita di media.

Produk kedua adalah produk yang sengaja dijual murah bahkan lebih murah daru harga produk standar lainnya. Dan rata-rata seller menggunakan cara kedua ini sebagai gimik marketing.

Ada produk yang sengaja dikorbankan untuk menarik perhatian pembeli.

Kita sering bukan jalan-jalan di mall, kemudian melihat sebuah toko dengan desain yang bagus, kita melihat ada produk yang dijual dengan diskon besar.

Produk yang sengaja dipajang dan dijual murah


Di obaral dengan harga yang lebih murah. Produk seperti itu memang sengaja dibuat, sebagai bahan untuk menarik perhatian.

Jika Anda perhatikan, kita sering melihat iklan dengan kalimat.

"Flash Sale, diskon 90%"

"Produk ABCA, mulai dari 10ribu rupiah"

Produk-produk tersebut yang dijual bukanlah produk utama dari toko tersebut. Ibaratnya produk itu dibuat hanya untuk gimik diskon atau iklan saja.

Dan cara tersebut memang terbukti berhasil cepat menggiring perhatian. Audience memang sangat sensitif saat melihat sebuaga raga.

Bahkan ada sebuah toko yang sengaja melabeli dirinya toko paling  murah. Padahal yang murah yaa produk-produk yang sengaja dibuat murah. Sementara produk lainnya harga standard. Tapi jadi terkesan murah aja, karen ada label tersebut.

Produk gimik seperti ini, bisa Anda buat dengan sengaja, atau sebagai sebuah cara untuk menghabiskan produk deadstock.

Dari pada numpuk terlalu lama di gudang dan tidak terjual. Lebih baik jadi cash. meskipun rugi.

Produk deadstock biasanya, yang sudah menghuni gudang Anda selama 6 bulan sampai 1 tahun. Tapi gak keluar-keluar.

Produk gimik seperti ini tidak selalu rutin dijual karena tujuannya untuk marketing aja. Menarik perhatian aja.

Jadi Jangan Sampai Salah Setrategi 

Salah satu iklan yg menarik perhatian saya beberapa waktu lalu adalah "Baju distro mulai dari 25rb-an"

Ketika di klik, ternyata yg harganya 25rb adalah baju distro yg bahannya tipis, All Size. Sementara yang lain harganya normal 70rb sampai 120rb

Itulah iklan, semuanya adu pinter menarik perhatian. Funnelnya dibuat agar calon pembeli masuk pintu gerbang di usaha Anda

Jika mereka sudah masuk, pasti ada "kemungkinan" besar mereka akan melihat2 produk lain yang Anda tawarkan. Dan memang itu tujuannya.


Posting Komentar

0 Komentar