Konten adalah bahan bakar utama untuk dunia online. Tidak hanya dalam bentuk tulisan saja, namun juga foto dan video. Dan seringkali kita kehabisan ide membuat konten untuk website atau blog yang kita miliki.
Nah, bagaimanakah cara agar tak kehabisan ide untuk membuat konten?
Selalu pikirkan apa yang ingin dibaca oleh orang mengenai produk atau informasi yang akan kamu sampaikan.
Cara Mencari
Pertama biasanya kalau saya memanfaatkan tools dari Google, yaitu Google keyword planner
Memang kita hanya akan menemukan kata kunci, atau keyword saja. Namun dari kata kunci tersebut kita bisa mengetahui apa sih yang dicari orang.
Selanjutnya giliran kita untuk membuat konten dari apa yang dicari orang di google.
Next, biasanya adalah lihat bagian diskusi produk di marketplace. Cari produk terlaris yang sesuai di marketplace. Kemudian perhatikan pertanyaan-pertanyaan dari costumer di bagian diskusi.
Pertanyaan tersebut biasanya juga akan menjadi sesuatu yang ditanyakan oleh orang kebanyakan.
Kita juga bisa riset di google trends indonesia, apa yang sedang banyak dibicarakan oleh orang. Tapi dengan catatan related dengan produk yang kita jual.
Kalau tidak ada yang related yaa.. jangan dipaksain. Manual aja.
Maksudnya manual ini adalah kuta mencari sendiri konten-konten seperti apa yang ingin dibaca oleh orang.
Contohnya dengan cara, selancar ke akun-akun kompetitor lihat konten mereka yang paling ramai pembahasannya. Apa sih yang mereka bicarakan, lalu kita membuat konten serupa namun tentunya dengan modifikasi.
Kamu juga bisa menggunakan strategi Mind Mapping, jadi kamu buat lebih dulu mind mapnya.
Kemudian masukan poin-poin (dalam hal ini apa saja yang ingin kamu bahas) sehingga pada saatnya nanti membuat konten, kamu sudah tau kerangkanya seperti apa, dan apa yang akan kamu bahas.
Bertanya Pada Audiens
Tanpa traffic dan audiens sebuah situs bagaikan sebuah pasar yang sepi pengunjung (rugi). Para pengunjung tersebut tentunya datang karena sebuah hal, informasi yang ingin mereka dapatkan melalui konten website milik DomaiNesians. Nah, sekarang bagaimana jika jenis konten yang mereka dapatkan hanya itu-itu saja alias tidak ada hal terbaru yang mungkin mereka ingin temukan?
Salah satu cara mendapatkan inspirasi untuk membuat konten yang laris dan menjual adalah bertanya pada pembaca. Ini seperti menanyakan pada pelanggan restoran mengenai makanan apa yang mereka ingin pesan dari daftar menu.
Seringkali kita sebagai penyedia konten hanya sekedar membuat tanpa memperhatikan audiens yang kita target. Padahal jika kita ingin membangun sebuah brand, kita perlu untuk memulainya dari pola pikir para audiens. DomaiNesians bisa mulai menerima masukan dari mereka melalui DM, inbox ataupun media lainnya.
BACA : CARA JUALAN PAKE AKUN PUBLIK
BACA : CARA JUALAN PAKE AKUN PUBLIK
Menulis Ringkasan dari Diskusi atau Seminar
DomaiNesians sering mendatangi acara-acara seminar atau diskusi? Nggak ada salahnya untuk menulis ringkasan atau mencatat poin-poin penting yang dibicarakan. Hal ini bisa menjadi salah satu cara mendapatkan ide untuk membuat konten.
Berkolaborasi dan Banyak Diskusi
Inti dari bahasan kali ini adalah mengajak DomaiNesians untuk lebih banyak berdiskusi dan berkomunikasi dengan orang lain. Bisa langsung maupun tak langsung dengan media sosial. Karena, seringkali kita akan menemukan inspirasi ketika bertemu dengan orang-orang baru. Selamat membuat konten!
0 Komentar