Dalam dunia bisnis online sering kita dengan beberapa istilah yang sebagian diantaranya masih terdengar belum familiar, dan mengetahui apa arti sebenarnya. Seperti istilah endorse atau endorsement yang satu ini, acapkali kita dengar terutama bagi mereka yang berkecimpung dalam bidang jual beli online baik itu melalui online shop atau mereka yang memanfaatkan media sosial untuk berjualan.
Endorse adalah salah satu strategi promosi dengan memanfaatkan figur atau tokoh terkenal untuk mereferensikan produk yang akan di pasarkan, dengan harapan calon konsumen menjadi tertarik untuk membelinya.
Alasan para seller banyak memilih endorsement..
Short Cut
Endorsement itu ibarat short cut, perannya membuat orang percaya terhadap toko, produk serta usaha yang kita jalankan. Karena endorsement itu..
Mirip Seperti Iklan di TV
Kamu pasti sering melihat iklan di TV, kadang ada sebuah produk baru iklannya dengan artis terkenal. Kemudian kita yang melihat merasa sangat percaya terhadap produk tersebut. Karena ada sosok terkenal dan kita tahu dia sampai dia merekomendasikan / mengiklankan produk tersebut.
Tapi Endorse MAHAL gimanaa?
Mahal atau murah itu relatif, kalau mahal tapu memberikan impact yang bagus itu keuntungan.
Biasanya memang endorsement dilakukan oleh seller yang sedang ngebangun merek sendiri / brand sendiri. Kenapa? karena yang dibangun adalah reputasi.
Sementara seller-seller produk biasa, meskipun ada tujuan untuk bangun reputasi toko tapi pasti ada rasa ingin mendapatkan sales lebih banyak karena endorsernya punya audience yang sesuai target market dan Nama besar si pengendorse bisa memberikan keuntungan lain yaitu kepercayaan terhadap toko yang mereka promosikan.
Jadi Sebaiknya
Endorse umumnya seller akan kirim produk ke selebgram / artis, kemudian mereka akan membuat foto / video. Konten tersebut bisa dipakai terus oleh si seller guna membuat audience baru atau calon pembeli baru langsung percaya kepada toko serta produk yang dijual.
Ada yang tanya gini "kalau saya hanya PP di Instagram Story selebgram / artis gimana? "
Jawabannya, ya jika mereka hanya menampilkan iklan kamu tanpa membuat video rekomendasi, atau tidak berfoto dengan produk kamu. Artinya kamu hanya sebatas Paid Promote. Bukan endorse.
Ada juga yang tanya gini "duh harganya itu lho kalau endorse foto dan video gak kuat budgetnya?"
Nah, itulah gunanya nabung, dan bersabar. Jangan di kejar, tapi niatin aja suatu saat kamu akan bisa. Oiya, yang kayak gini juga perlu satu hal yang wajib dimiliki. Yaitu Nekad!
Gunakan Strategi Micro Influencer
Sebenarnya ini bukan strategi, tapi hal lumrah. Umumnya para seller yang belum kuat ke selebgram atau artis besar mereka akan bermain di circle yang kecil dulu.
Mereka mungkin kecil. Tapi mereka bermain di NICHE yang tertarget dan audience mereka loyal. Itulah keunggulan utama mereka.
BACA : 6 POIN KRUSIAL YANG SERING DILUPAKAN SELLER OLSHOP
Contohnya seperti ini...
Oke anggaplah kamu jualan helm motor cross. Kemudian kamu cari komunitas motor cross. Cari siapa kepala komunitas tersebut. Lakukan endorse kepada mereka. Contoh dia dibayar untuk foto bareng produk dan mempromosikan toko kamu di sosial medianya.
"Kalau rugi gimana?"
Yaa rugi itu selalu menjadi kepastian dalam setiap usaha. Mending dibalik kata-katanya, kalau berhasil gimana?
"Gak Logis, follower dia kecil"
Mungkin iya, tapi coba bayangin suatu daerah kecil yang masih kuat banget adatnya. Mereka patuh kepada siapa? Ya pastinya kepala suku daerah tersebut.
"Saya gak mau pake Micro Influencer"
Ya gak apa-apa, berarti kamu targetin aja yang gede-gede. Ada budget yaa bagus.
Kuntungan jika kamu endorse adalah :
•Kamu bisa pake konten dari mereka untuk membuat toko kamu tampil lebih meyakinkan.
•Konten dari mereka bisa kamu gunakan lagi untuk iklan dengan menggunakan metode lain. Seperti Paid Promote atau Instagram Ads.
•Kehadiran mereka pada toko kamu dapat membuat orang yang baru melihat menjadi langsung percaya.
Nah jika kamu sudah endorse, jagain kontennya pake watermark kalau perlu, karena nanti akan selalu ada seller dengan produk sama pake konten kamu seolah-olah mereka yang memiliki endorse tersebut. Atau bisa disebut plagiat / menjiplak tanpa izin dari kamu.
Tapi kalau dia seller kamu ya gak masalah lah, toh dia juga belu di tempat kamu, cuma kalau dia ambilnya dari orang lain, wadauuu kacau..
Jadi kamu ada niatan mau endorse siapa nih?
Nah sekian ya, ada yang perlu ditambahin silahkan di kolom koment ya sesepuh.
0 Komentar